Selasa, 25 November 2014

Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya



     Semakin lama penggunaan maka kemungkinan besar performa yang pada smartphone atau tablet android akan menjadi cukup lambat, lemot dan sebagainya. Hal tersebut biasanya juga di sebabkan oleh sistem android itu sendiri yang dalam penggunaannya akan membuat junk file yang tertimbun pada penyimpanan sehingga bisa menggangu performa.

     Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut beberapa tips yang dapat di terapkan pada smartphone atau tablet android,

 
     1. Sisa ruang penyimpanan hampir habis
     Ini adalah penyebab seringnya Android jadi lemot. pengguna bisa mengecek sisa storage di setting >> storage. Idealnya ada sisa lebih dari 20% storage agar performa tidak terlalu buruk.

     Jika ini terjadi, pengguna bisa melakukan hal-hal berikut:
  • Uninstall aplikasi yang tidak digunakan
  • Hapus cache data dan junk file lainnya dalam hal ini akan lebih mudah menggunakan aplikasi semacam Clean Master
  • Rapikan kembali file-file berukuran besar di hapemu semacam foto, musik dan lain-lain. Atau back up di komputer.

     2. Penggunaan Widget secara Berlebihan
     Widget emang menarik tapi ini juga bisa menjadi masalah utama device jadi lemot. Kebanyakan widget benar-benar menyiksa performa Android, apalagi jika pengguna menggunakan 3rd party launcher. Launcher akan merender widget tiap kali pengguna akan membuka homescreen dan tentu saja itu sangat mempengaruhi RAM, apalagi jika lebih dari 3 widget terpasang.

     Solusinya gunakan widget secara bijaksana, atau bisa menggunakan launcher yang ringan, seperti launcher bawaan device atau launcher lain.

     3. Penggunaan Animation Setting yang salah
     Masing-masing 3rd party Android Launcher memiliki setting animation sendiri-sendiri. Bisa jadi performa tidak maksimal di Androidmu disebabkan karena settingan Android belum sesuai dengan settingan dari Launcher yang pengguna pakai.

     Pengguna bisa mengakses hal ini dari setting kemudian developer option, untuk menyesuaikan dengan Launcher yang pengguna pakai, pengguna bisa mencari dulu referensinya di Google, emang tips ini agak tricky sih tapi cukup berpengaruh.

     4. Terlalu banyak aplikasi backround dengan RAM mepet
     Jika banyak aplikasi yang terinstall di Androidmu akan banyak pula aplikasi yang berjalan background dan memakan RAM. Jika aplikasi background terlalu banyak maka konsumsi RAM Android pun tidak akan lega lagi, konsekuensinya Android jadi lemot.

     Solusinya adalah dengan clear memori pada setting atau menggunakan aplikasi semacam Clean Master. Namun ini merupakan cara singkatnya, karena pada kenyataanya nanti juga aplikasi background akan memenuhi RAMmu kembali. Cara bagusnya pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Greenify yang mampu untuk mengunci aplikasi background dan menidurkannya sehingga nggak makan RAM lagi, aplikasi ini bisa dijalankan tanpa root, tapi akan lebih maksimal kalo device Androidnya sudah di root.

     5. Hape pengguna lama tidak kerestart
     Banyak error system dari Android maupun aplikasi-aplikasinya bisa dibenarkan dengan cara yang mudah, restart. Jika hape pengguna lama tidak mati dan terasa lemot. Cara paling simple ini bisa pengguna coba.


     Nah itulah Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya, buat pengguna Android yang merasa Android-nya lemot bisa cobain 5 tips diatas. Namun apabila udah pake 5 tips itu tapi tetep aja masih lemot, lebih disarankan untuk ganti Android dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Karena hal utama yang mempengaruhi cepat tidaknya performa Android itu adalah Sepesifikasi Hardware-nya.



Credits To Aplikanologi.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
TABLET TREQ © 2011 | IKLAN TERBAIK collaboration with Google