Kamis, 24 September 2015

3 Cara Menyelamatkan Data Micro SD yang Tidak Terbaca ( RUSAK )

www.treq.co.id
Tablet Treq


Hai Sobat TREQ, Kali ini tentang 3 Cara Memperbaiki Micro SD yang Tidak Terbaca ( RUSAK ). Kerusakan Micro SD memang banyak sebab dan penyebabnya tidak banyak diketahui oleh penggunanya. Sebelum Saya menjelaskan tentang artikel diatas saya akan menjelasan  Penyebab Kartu memory ( Micro SD ) rusakatau tidak terbaca.


Kerusakan memory / micro sd kamu bisa terjadi secara fisik atau pun non fisik tapi yang lebih sering terjadi adalah kerusakan nonfisik kalau bisa di bilang, karena kerusakan nonfisik/data yang dimaksud di sini bukan hanya data berupa file foto, video, atau file musik, tetapi juga sistem format penyimpanannya. Kalau kerusakannya seperti ini, masih ada harapan untuk menyelamatkan sebagian atau semua file di dalamnya, meski tidak bisa 100%.

Beberapa kemungkinan penyebab kerusakan kartu memory pada sobat treq

Sering di pindah-pindah
Sebenarnya ini sungguh tidak perlu dilakukan kecuali anda berganti HP. Kalau hanya untuk mengcopy file, ada banyak pilihan cara memindahkan file antar HP dengan aman, melalui koneksi Bluetooth atau WiFi, atau kabel data jika ke laptop. Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap kerusakan fisik terutama pengikisan tembaga pada microsd tersebut.

Salah Cara Memindahkan / Salah Memasukan
Meskipun sobat treq dalam keadaan terburu-buru, cobalah untuk bersabar ketika terpaksa mencabut kartu memory dari HP dan memindahkannya ke card reader atau HP lain. Matikan HP terlebih dahulu, tunggu 10-20 detik, baru cabut kartu memory kamu dan kalau mau memasukan ke device lain lihat dengan seksama , apakah posisi micro sd dengan slot nya sudah benar? jangan sampai salah karena tembaganya bisa terkikis/terbentur dengan slot micro sd itu sendiri.

Terkena Minyak atau kotoran
Pastikan tangan Sobat TREQ bersih dari kotoran atau minyak ketika memegang kartu memory. Kotoran akan membuatnya tidak bisa terhubung dengan baik dengan pembaca di HP atau card reader.

Terkena Virus atau malware
Beberapa virus bisa membuat kartu memorymu error / dump temp. bisa membuat kinerja memorymu sangat berat dan beberapa data yang ada di memory mu bisa hilang,,rusak,atau 0byte, bahkan bisa membuat melakukan penginstalan terus menerus di android mu. Oleh karena itu jangan dan usahakan tidak untuk menginstal aplikasi/download di sembarang tempat.

Magnet
Inilah musuh utama segala jenis media penyimpanan berbasis magnet. Data di kartu memory ditulis dan dibaca menggunakan magnet, tentu tidak sesederhana itu penjelasannya. Mulai dari sejak jaman kaset dengan pita dahulu, magnet bisa merusak susunan data yang tersimpan sampai acak kacau balau. Maka, tipsnya cuman satu: hindarkan HP atau kartu memory dari sumber magnet atau medan magnet seperti speaker, pesawat TV berlayar CRT, kumparan motor listrik, dan sebagainya.

Bekerja terlalu keras dalam waktu lama
Jika sobat menggunakan micro sd nya terlalu lama bisa mengakibatkan kerusakan yang tidak semestinya, contoh: melakukan rekaman fullHD dalam 30menit bisa mencapai 500mb atau lebih dan menggunakan langsung storage/penyimpanan nya ke micro sd, itu juga bisa memberikan kerusakan pada micro sd atau memainkan music dengan file mp3 nya bisa mencapai 500 lagu lebih langsung tersimpan ke player music atau winamp di main kan secara shuffle/semua lagu dalam 1 waktu. Sesuaikan kebutuhan, gunakan micro SD yang memiliki kecepatan transfer lebih cepat jika melakukan hal hal tersebut, seperti class 10 atau lebih tinggi lagi.

Cara pertama

Keluarkan kartu memory dari hp. Pastika kamu sudah mematikan HP lebih dulu
Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok pelan-pelan saja sampai bersih dan menggosok nya secara 1 arah kalau lebih aman nya. Upayakan bagian tersebut tidak terkena kulit kita lagi, karena itu bisa mengotorinya
Sekarang silahkan memasukkannya lagi ke dalam slot memory di HP dan periksa apakah sudah terdeteksi dan terbaca lagi data di dalamnya
Masih tidak terbaca? Silahkan coba cara ke dua di bawah ini

Cara kedua,

Hubungkan HP ke laptop atau PC dengan kabel data
Pastikan HP kamu terhubung dalam mass storage mode, bukan MTP mode
Biasanya kalau sudah kedetect langsung muncul seperti ini dan jangan ragu untuk cek semua opsi dan klik start


www.treq.co.id
Check Disk Error


Memorymu bisa kedetect dan sembuh dari penyakit ya. Setelah bisa seperti itu dan berhasil (jangan lupa di copy dulu data kamu) melakukannya coba eject, cabut dan masukkan lagi apakah check disk nya keluar lagi atau bisa kedetect? klu bisa kedetect dan check disk nya keluar lagi coba lakukan seperti tadi klik start , coba lagi eject, cabut dan masukan lagi jika berulang ulang keluar check disk seperti itu maka di nyakinkan micro sd kamu dalam jangka pendek akan rusak sepenuh ya dan usahakan datamu kamu copy sebelum memorymu rusak.

Cara ketiga,

Jika cara 1-2 tidak berhasil dan tidak mau kedetect ini adalah cara Lucky atau tergantung dengan keberuntungan kamu, pertama gunakan metode di no 1 dan masukan ke card reader lalu tancapkan ke laptop/computer tunggu apakah mau kedetect atau tidak (kalau kedetect biasanya install driver secara otomatis) , klu tidak mau colokan ke slot usb lainnya, jika tidak mau coba pakai laptop atau windows teman, biasanya jika memory sobat masih bisa, dia akan tetap menginstal driver nya secara otomatis jika di masukan ke slot usb yang baru yang belum sobat masukan dengan micro sd nya sobat. Jika keberuntungan memihakmu langsung copy semua data2 sobat ke laptop atau computer yang di colokan micro sd nya, dan klu sudah berhasil silahkan beli lagi micro sd baru karena jika tetap memakai micro sd sobat yang tadi, tidak lama kemudian bakal tidak terdetect sampai seterusnya alias CO.ID ^^
Oh ya. .  cara seperti itu juga bisa di gunakan lewat android yang support dengan OTG.

Note And Saran: 
  1. Untuk melakukan tahap tahap di atas tadi gunakan windows 7 ke atas ya kawan lebih afdol . .
  2. Ketika sehabis di copy semua data-data kamu , usahakan micro sd mu jangan kamu pakai lagi dan usahakan beli micro sd baru tapi dengan speed/class lebih baik.
  3. Gunakan micro sd mu cukup di 1device dan jangan suka sekali micro sdmu kamu utak utik. Kecuali kalau kamu beli HP lagi.


Sekian ilmu yang saya share . . .
Semoga bermanfaat dan terima kasih...


HAPPY GADGET.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
TABLET TREQ © 2011 | IKLAN TERBAIK collaboration with Google