Selasa, 16 Desember 2014

Cara Mudah Menghemat Memori di Perangkat Android



     Banyak tentunya berbagai macam aplikasi menarik dan unik yang bisa di dapatkan secara gratis bagi pengguna android, tidak hanya aplikasi saja, bahkan banyak aplikasi Game, media sosial, layanan produktivitas, hingga berbagai jenis aplikasi lainya selalu menggoda untuk diunduh. Hal ini juga yang menyebabkan rata-rata pengguna perangkat Android gemar mengoleksi banyak aplikasi.

     Namun ada satu konsekuensi negatif yang akan dirasakan. Smartphone akan menjadi lemot karena aplikasi Android menghabiskan banyak kapasitas RAM yang tersedia.

     Para produsen perangkat memang sudah memberikan solusi dengan menyematkan kapsitas RAM cukup besar. Belakangan sudah banyak perangkat Android di pasaran yang dibekali RAM tidak hanya 1 GB, melainkan 2 atau bahkan 3 GB.

     Selain memperbesar kapasitas RAM, ada pula cara mudah yang bisa diterapkan langsung oleh pengguna untuk menghemat penggunaan memori internal. Dua di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Membersihkan cache
     Sebenarnya cara ini tidak berpengaruh secara signifikan, namun patut dicoba sebagai penanganan awal.

     Cache sendiri berfungsi untuk merekam sejarah data penggunaan aplikasi. Cache berfungsi untuk lebih mempercepat proses penggunaan sebuah aplikasi. Dengan menghapus cache setidaknya memori internal akan sedikit lebih lega beberapa MB.

     Caranya cukup mudah. Masuk ke menu setting >> Apps >> All apps >> lalu pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan cachenya >> clear cache.

2. Memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal
     Cara ini tentunya lebih ampuh. Caranya juga cukup mudah. Setting >> apps >> All Apps >> piliha aplikasi yang ingin dipandahkan >> move to SD Card.

     Atau jika ingin lebih mudah, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi Android yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store seperti Move Apps, App2SD Easy, AppMgr, dan masih banyak lagi.


Demikian penjelasan "Cara Mudah Menghemat Memori di Perangkat Android", Semoga Bermanfaat.!


Sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
TABLET TREQ © 2011 | IKLAN TERBAIK collaboration with Google